MTsN Tanjung Raya, Satu-satunya MTs Akreditasi A di Kabupaten Agam

MTsN Tanjung Raya adalah satu-satunya madrasah tsanawiyah (MTs) akreditasi A di Kabupaten Agam. Ini merupakan suatu prestasi yang patut diacungi jempol. Untuk meraih akreditasi saja bukan main sulitnya, apalagi untuk mendapatkan akreditasi A. Prestasi ini bisa diraih oleh MTsN Tanjung Raya tentunya dengan perjuangan. Semua pihak yang tergabung dalam keluarga besar MTsN Tanjung Raya berusaha berperan aktif untuk menjadikan MTsN Tanjung Raya menjadi sebuah lembaga pendidikan agama terkemuka di Kabupaten agam. Akreditasi A ini diperoleh oleh MTsN Tanjung Raya di bawah pimpinan Kepala MTsN Tanjung Raya Bapak Drs. Abel Tasman, S.Pd dengan sistem kepemimpinan yang penuh strategi.

Tidak hanya itu, MTsN Tanjung Raya juga merupakan MTsN akreditasi A dengan nilai akreditasi peringkat II (dua) di tingkat Sumatera Barat. Madrasah setingkat MTs yang berakreditasi A di tingkat Sumatera Barat hanya ada 9 sekolah, baik MTs negeri maupun MTs swasta. Nilai akreditasi A MTsN Tanjung Raya memperoleh angka 89. Sedangkan nilai akreditasi MTs tertinggi di Sumatera Barat adalah angka 90. Hanya selisih satu angka dengan MTsN Tanjung Raya. Ada delapan aspek atau komponen yang dinilai dalam proses akreditasi sebuah sekolah. Berdasarkan hasil penilaian delapan aspek atau komponen tersebut barulah ditetapkan layak atau tidaknya sebuah sekolah mendapatkan akreditasi.

MTsN Tanjung Raya melalui proses penilaian ke-delapan aspek atau komponen tersebut dalam proses akreditasi mendapatkan nilai dengan rincian sebagai berikut : standar isi 95, standar proses 98, standar kompetensi lulusan 81, standar tenaga pendidik dan kependidikan 87, standar sarana dan pra sarana 76, standar pengelolaan 91, standar pembiayaan 92, standar penilaian pendidikan 93, dengan rata-rata nilai akreditasi 89. Data-data yang dijelaskan di atas dapat dilihat melalui website badan akreditasi nasional sekolah/madrasah propinsi Sumatera Barat http://www.ban-sm.or.id/provinsi/sumatera-barat/akreditasi.

MTsN Tanjung Raya mendapatkan akreditasi A tersebut tidak terlepas dari kepala sekolah yang propesional menyusun program-program unggulan. Program-program unggulan tersebut didukung dan dijalankan oleh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang ahli di bidangnya masing-masing. Dengan program unggulan dan tenaga ahli yang profesional, MTsN Tanjung Raya telah menghasilkan lulusan yang berkualitas dan diterima di berbagai sekolah unggulan tingkat selanjutnya*** By : Arif Fiandi, S.Pd.I***


Komentar