Tradisi makan bersama di MTSN Tanjung Raya

(31/10/2011) Semua kita tentu bisa membayangkan bagaimana jika di tempat kerja itu tidak ada kebersamaan, suasana yang kaku, semua orang hanya mementingkan diri sendiri… tentunya kita akan merasa bosan dan jenuh berada di tempat kerja. Ditambah lagi dengan kesibukan kerja yang menyita banyak waktu dan energy, tentunya keadaan seperti itu akan membuat kita merasa tersiksa berada di tempat kerja dengan seonggok pekerjaan yang selalu menunggu.

Bapak Drs. Abel Tasman, S.Pd sebagai pimpinan MTSN Tanjung Raya selalu berusaha menciptakan suasana lingkungan kerja yang penuh dengan kebersamaan. Kebersamaan menurut beliau adalah kunci suksesnya suatu lembaga dalam mencapai tujuan, termasuk lembaga pendidikan seperti MTSN Tanjung Raya. Kebersamaan tidak munkin terjalin begitu saja tanpa ada program yang jelas dan nyata yang diterapkan oleh pimpinan dengan dukungan semua pihak yang tergabung dalam keluarga besar MTSN Tanjung Raya.

Salah satu program yang diterapkan di MTSN Tanjung Raya dalam rangka mewujudkan kebersamaan adalah tradisi makan bersama. Makan bersama ini dilakukan setiap hari kerja pada waktu istirahat agar tidak mengganggu proses pembelajaran. Pada waktu istirahat ini semua guru, pegawai dan petugas yang hadir bisa mengikuti acara makan bersama. Di MTSN Tanjung Raya tidak ditemukan adanya guru atau pegawai yang pergi ke warung makan untuk menyelamatkan perut masing-masing. Menu yang disajikan setiap hari bervariasi, mulai dari masakan khas maninjau seperti “Palai Rinuak” dan menu-menu lainnya yang disiapkan oleh petugas piket secara bergantian.

Tradisi makan bersama ini didukung oleh semua pihak yang tergabung dalam keluarga besar MTSN Tanjung Raya. Bahkan Kakankemenag Agam Bapak Drs. Yetrizal Khatib waktu berkunjung ke MTSN Tanjung Raya sangat mendukung program ini. Beliau mengatakan “Tradisi makan bersama ini sangat bagus dilaksanakan dalam rangka mewujudkan kebersamaan. Sangat jarang kita lihat tradisi makan bersama seperti ini dilakukan di lingkungan kerja”.

Suasana makan bersama di MTSN Tanjung Raya selalu dihiasi dengan canda tawa ringan yang membuat suasana mencair. Dalam suasana seperti ini sangat terasa kebersamaan tanpa ada sekat yang membatasi antara yang satu dengan yang lain. Kelelahan dan kejenuhan yang timbul akibat pekerjaan akan terasa hilang. Hubungan silaturrahim keluarga besar MTSN Tanjung Raya selalu terjalin yang mewujudkan kekompakan dan kebersamaan dalam membawa MTSN Tanjung Raya ke arah yang lebih baik…! By : Arif Fiandi.


Komentar

Posting Komentar